Kamis, 24 Juni 2010

4 macam yang akan ditanya oleh ALlah nanti diakhirat

اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ ……
اَ ْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ قَدَّرَ عَلَيْنَا بِالْجَمَاعَةِ وَالصَّلاَ ةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمِنْ تَبِعَهُ اِلَي يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ.أّمَّا بَعْدُ.فَيَااَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِالتَّقْوَي االلَّهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ أَعُوْذُ بِا للَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ :

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, yag maha Ghofur yang alhamdulillah berkat qudrot dan irodatnya kita bisa berkumpul dimakom yang dimuliakan Allah SWt, shlawat dan salam semoga selamanya terlimpah curahkan kepada junjunan kita yakni habibana wanabiyana muhamad SAW, tidak lupa kepada keluarganya, para sahabatnya dan tabi’in-tabi’in yang turut setia pada ajarannya sampai hari kiamat, amiin.

Yang saya hormati para alim ulama juama
Yang saya hormati aparatur pemerintah setempat
Dan tak lupa Hadirin seiman seagama rohimakumullah
Hidup di alam dunia ini memang suatu perjuangan, kadang-kadang kita dihadapkan masalah yang menggembirakan dan dakang kala kita dihadapkan pada hal yang sulit, sebagai manusia kita harus sanggup menghadapinya.
Hadirin ada empat perkara yang akan ditanyakan oleh malaikat :
لاَتَزُوْلُ قَدَمَا ابْنِ اَدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّي يُسْأَلُ عَنْ اَرْبَعِ خَصَالٍ : عَنْ عُمْرِهِ فِيْمَا اَفْنَاهُ وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا اَبْلاَهُ وَ عَنْ مَالِهِ مِنْ اَيْنَ الكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا اَنْفَقَهُ وَمَاذّا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ
Artinya :”Tidak henti-henti kami manusia itu nanti berdiri pada hari kiamat di hadirat Tuhannya, sehingga ia akan ditanya empat perkara, pertama umurnya, untuk apa dihabiskannya. Dua masa mudanya untuk apa digunakannya. Tiga hartanya, darimana diperolehnya dan untuk apa dibelanjakannya. Empat, amalan apa yang telah dilakukannya sesuai dengan ilmunya.”
1. Umur (amal)
Umur kita digunakan untuk apa? Kalau umur kita digunakan untuk melakukan hal yang baik.
(amal) perbuatan ada 2 :
a. Perbuatan kepada Allah
b. Perbuatan sesama manusia
Maksud perbuatan kepada Allah yaitu selalu melaksanakan apa yang diperintahkan kepada kita dan yang dimaksud perbuatan sesama manusia yaitu selalu berbuat baik tidak dholim kepada yang lain.

2. Badan
Mungkin hadirin bertanya apakah badan kita akan dipertanyakan? Jelas akan dipertanyakan, karena seluruh anggota badan kita itu merupakan pemberian dari Allah, oleh karena itu mari kita gunakan anggota badan ini untuk selalu melakukan aktivitas yang diridhoi oleh Allah dengan cara digunakan untuk beribadah kepada Allah.

3. Ilmu
Menuntut ilmu itu wajib hukumnya, sebagaimana sabda Rasulullah Saw :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ ........ رَوَاهُ مُسْلِمْ
Baik laki-laki atau perempuan, yang miskin atau yang kaya, menuntut ilmu itu wajib hukumnya. Tidak ada alasan lagi, maka pantaslah Allah janjikan dalam al Qur’an Surat al Mujadalah ayat 11 :

         

Artinya :

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Tapi kita harus menggunakan ilmu itu dengan baik dan harus mengamalkan kepada yang lain, jangan sampai ilmu yang kita dapat tidak diamalkan.

4. Harta
Memang sangat risih kalau kita membicarakan tentang harta, alangkah hinanya orang yang hidupnya hanya mengumpul-ngumpulkan harta dunia belaka. Kalau orang yang mencari harta lalu harta ini dinafkahkan dijalan Allah, itu merupakan harta yang sangat baik. Tapi kalau harta itu dinafkahkan dijalan syetan, maka akan mendorong pemiliknya terjerumus kejurang api neraka jahannan. Na’udzubillahi min dzalik.
Demikianlah ceramah dari saya, terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

باِللهِ التَّوْفِقْ وَ الْحِدَايَةْ
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar