Selasa, 22 Juni 2010

berbuat baik kepada orang tua

BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَا لمَيْنَ وَاْلعَا قِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلَانْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ ...

Puji syukur kehadirat Ilaihi Robbi Allah Azza wa Jalla, sholawat beserta salam marilah kita limpahkan kepada Rasulullah Saw, keluarga dan kepada seluruh sahabat.
Hadirin yang saya mulyakan…
Allah berfirman dalam Surat luqman ayat 14:
     •            
Artinya :

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya Telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, Hanya kepada-Kulah kembalimu.”

Hadirin rahimakumullah,
Kita semua yang berada di sini pasti di lahirkan melalui rahim seorang ibu yang sembilan bulan sebelumnya dibuahi oleh suaminya, betul tidak ini? Karena manusia yang diciptakan tidak melalui rahim ibu hanya dua yakni nabi Adam AS, dan Siti Hawa yang merupakan nenek moyang seluruh umat manusia hingga hari kiamat nanti.
Tentunya hadirin telah mengetahui bagaimana tersiksanya seorang ibu yang sedang mengandung apalagi yang lagi hamil tua…..dibawa jalan-jalan harus tegak jalannya, dibawa tidur harus “telentang”, dibawa duduk enggak nyaman, pokoknya repot banget hadirin. Bukan ibu saja yang repot malah terkadang si bapak juga ikut kerepotan malah terkadang lebih repot bapaknya soalnya khawatir terjadi apa-apa pada istri tercinta dan juga calon anaknya apalagi kalo istrinya lagi ngidam mintanya suka macam-macam hadirin…..kadang lagi enggak musim duren…eh malah minta duren….mau nyari di mana tuh duren?!
Nah…hadirin, dari ilustrasi di atas dapat kita pahami bersama bahwa begitu besar pengorbanan kedua orang tua kita hanya agar kita dapat terlahir dengan selamat dan sehat. Maka tidak salah jika Allah Swt menyuruh kita untuk berbuat baik kepada keduanya. Sebagaimana dalam surah di atas Allah mengilustrasikan keadaan ibu kita sedang mengandung dalam keadaan yang bertambah-tambah begitupun ketika menyusui kita sewaktu bayi selama dua tahun bahkan lebih.
Hadirin yang saya mulyakan
Sesungguhnya Allah menyatakan bahwa ridho-Nya tergantung dari ridho orang tua dan laknat Allah tergantung dari laknat orang tua. Saya yakin hadirin mau mendapatkan ridho Allah maka senangkanlah hati orang tua kita dengan berbuat baik kapada keduanya dan saya yakin hadirin tidak ingin mendapat laknat Allah maka jangan membuat orang tua kita melaknat kiat.
Hadirin
Demikianlah uraian singkat yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita menjadi anak-anak yang berbakti kepada kedua orang tua kita. Amiiin .

باِللهِ التَّوْفِقْ وَ الْحِدَايَةْ
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar