Selasa, 22 Juni 2010

watak Rasulullah saw

WATAK RASULULLAH SAW SEBAGAI TELADAN

Hadirin
Dalam tahun hijriyah kita masih berada dalam suasana Maulid Nabi Muhammad Saw yang bertepatan pada tanggal 12 Rabi’ul awal. Dalam hitungan Masehi kurang lebih 1436 tahun yang lalu seorang anak manusia dilahirkan dari rahim seorang ibu yang mulia yang diberi nama Ahmad atau Muhammad. Serta rangkaian sejarah perjalanan hidup beliau termasuk ketika mengemban risalah Islam yang penuh tantangan dan hambatan.
Tapi hadirin
Saya kira tidak perlu saya menceritakan sejarah Rasulullah Saw karena sudah diberikan di sekolah-sekolah bahkan banyak buku-buku yang telah diterbitkan menceritakan sejarah hidup Rasulullah Saw. Jadi kalau hadirin mau tahu…beli saja bukunya di toko-toko kesayangan anda.
Hadirin
Yang lebih penting dari peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw ini adalah kita mengetahui sekaligus meneladani akhlak dan watak beliau yang baik. Karena dalam al-qur’an Allah swt berfirman :
                 
“Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Lalu hadirin......... apa saja yang harus diteladani dari watak Rasulullah Saw?
Pertama; watak beliau yang lemah lembut. Sesuai dengan firman Allah swt dalam surah ali-Imran ayat 159 :
               
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah Lembut terhadap mereka. sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.”

Kedua, beliau tidak hanya memiliki watak pemaaf tetapi juga suka meminta maaf.
Ketiga, watak beliau adalah rendah diri. Firman Allah dalam surah al-Hijr ayat 88 :
   
“Dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.”
Keempat, watak beliau adalah keras terhadap orang-orang kafir. Sebagaimana dalam al-qur’an surah al-Fath ayat 29 Allah berfirman :
          
“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.”

Kelima, beliau memiliki watak pemalu
Keenam, beliau memiliki watak pemberani
Ketujuh, Rasulullah memiliki watak ikhlas dalam beramal. Sebagaimana firman Allah dalam surah Saba’ ayat 47 :
                   

“Katakanlah: "Upah apapun yang Aku minta kepadamu, Maka itu untuk kamu. upahku hanyalah dari Allah, dan dia Maha mengetahui segala sesuatu".

Kedelapan, beliau juga memiliki watak penyayang bukan hanya kepada ummatnya tetapi juga kepada manusia secara umum.


Hadirin
Sebagai penutup dari uraian yang sangat singkat di atas dari sekian banyak akhlak dan watak Rasulullah Saw yang harus kita teladani sekiranya delapan watak rasul di atas telah mewakili. Dan benarlah firman Allah Swt dalam al-qur’an surah al-Qalam ayat 4 :
    
“Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”

Hadirin semoga semua yang saya sampaikan tadi bermanfaat bagi semua dan semoga kita menjadi ummat Rasulullah yang dapat meneladani akhlak dan watak beliau. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar