Selasa, 22 Juni 2010

PUASA

PUASA
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
ان الحمد لله صلاة و سلاما على سيد نا محمد ابن عبد الله و على اله و صحبه ومن تبعه الى يوم القيمه. أما بعد.
قال الله تعلى فى القران الكريم و هو اصدق القائلين و بقوله يهتد المهتدين ياايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام ...... الايه

Hadirin wal hadirat seiman dan seaqidah
Dari penuturan ayat diatas mengatakan bahwa puasa itu wajib hukumnya bagi orang-orang yang beriman. Puasa bisa mencegah lisan untuk tidak melakukan kejahatan dan kemaksiaatan, dan tidak semua yang diperintah berpuasa itu hanyalah orang-orang yang beriman saja.
Bahkan hadirin, ibadah puasa ini disebut Ibadatussiri yaitu ibadah yang rahasia. Jadi hubungannya itu langsung dengan Allah Swt. tidak ada orang yang yang tahu kapankah seseorang itu berpusa atau tidak, yang tahu hanyalah Allah Swt.
Ibadah pusa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah, kepada makhluknya yang beriman, sebagaimana firman Robbul Alamin dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 183.
              
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Hadirin wal hadirat seiman seaqidah.
Puasa itu dibagi menjadi dua bagian, yang pertama puasa wajib dan yang kedua puasa sunnat. Puasa wajib itu pada bulan Ramadhan, diantara keuntungan dan keistimewaannya bagi manusia yang berpuasa dibulan Ramadhan. Sabda nabi:
من صام رمضان ايمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه ...... الحديث
Artinya:
“Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan kata Nabi dengan dasar iman dan Ikhlas semata-mata karena Allah SWT. maka Allah akan mengampuni segala dosanya yang telah lalu .”
Subhanallah.
dan yang kedua puasa sunnat, diantara puasa sunnat itu adalah pada bulan Syawal selama 6 hari. Barang siapa yang puasa pada bulan syawal selama 6 hari akan mendapatkan pahala dari Allah sebanyak pahala 6 Nabi, diantaranya;
1. Nabi Adam as.
2. Nabi Yusuf as.
3. Nabi Yakub as.
4. Nabi Musa As.
5. Nabi Isa As.
6. Nabi Muhammad SAW.
Di akhir perjumpaan ini, marilah kita berdoa semoga amal ibadah kita senantiasa dapat mengundang Rahmat dan Maghfirah Allah Swt. Amin
Diakhir perjumpaan ini, marilah kita berdo’a semoga amal ibadah kita senantiasa dapat mengundang Rahmat dan maghfiroh Allah Swt.


أصيكم والنفس بالتقوالله
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar