Selasa, 22 Juni 2010

tiga orang yang tidak akan dihisab

TIGA GOLONGAN YANG TIDAK AKAN DIHISAB
بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذي صاحب الفضل و المنة و الصلاة و السلام على مركب الدائرة النبوة و على اله و اصحابه و من تبع له : اما بعد.

Tiada untaian kata yang paling indah selain kata puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Swt. Sholawat dan salam semoga ditetapkan mengalir kepada pahlawan Islam sedunia yaitu Habibana wa Nabiyana Muhammad Saw.
Hadirin Rahimakumullah
Alam itu dibagi dua bagian, yang pertama alam dunia dan yang kedua alam akhirat. Alam dunia merupakan tempat dimana kita harus selalu berusaha dan beribadah kepada Allah dan alam akhirat adalah tempat dimana kita harus mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita didunia.
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang 3 golongan yang tidak akan dihisab.
Pertama, adalah manusia yang menegakkan Agama Islam yang tidak takut sama orang lain. Artinya ketika dia memerintahkan manusia untuk melaksanakan shalat walaupun ada orang yang menentang dan menghinanya dia tidak takut. Contohnya seperti Rasulullah Saw, ia terus mengajak umatnya untuk menyembah kepada Allah mesti beliau ditentang bahkan dilempari dengan kotoran unta tetapi beliau tetap sabar.
Salah satu hadits mengatakan :
الصبر من الايمان
“Sabar adalah sabagian dari Iman”
Jadi kalau kita mengakui sebagai umat Nabi harus terus menegakan Agama Islam dengan penuh kesabaran.
Kedua, adalah manusia yang tidak pernah mengulurkan tangannya terhadap barang yang haram, orang yang semacam inilah yang tidak akan dihisab di akhirat nanti. Karena dia tahu bahwa menjuruskan tangan kepada barang haram itu sangat dibenci Allah Swt.
Contohnya: kalau kita jadi pejabat dia tidak akan korupsi, karena tahu bahwa korupsi itu haram sama halnya dengan mendzolimi dan menipu rakyat.
Ketiga, adalah manusia yang tidak pernah melihat sekilas pun terhadap yang diharamkan, artinya jangankan memakan barang haram melihatnya pun tidak pernah, jadi ia hanya mau memakan makanan yang halal saja.
Firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 114
             “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang Telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu Hanya kepada-Nya saja menyembah.”

Hadirin Rahimakumullah
Dari awal sampai akhir, demikianlah uraian saya mudah-mudahan kita termasuk tiga golongan diatas.

والله الموفق الى اقوام الطرق
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar