Selasa, 22 Juni 2010

Pendapat imam abu hanifah

IMAM ABU HANIFAH
(80-150 H/699-767 M)

Imam Abu Hanifah, pendiri Mazhab Hanafi, adalah Abu Hanifah An-Nukman Bin Tsabit Bin Zufli At-Tamimi. Beliau masih mempunyai pertalian hubungan kekeluargaan dengan Imam Ali Bin Abi Thalib ra. Imam Ali bahkan pernah berdoa bagi Tsabit, yakni agar Allah memberkahi keturunannya. Tak heran, jika kemudian dari keturunan Tsabit ini, muncul seorang ulama besar seperti Abu Hanifah.
Dilahirkan di kufah pada tahun 150 H/ 699 M, kemudian pada masa pemerintahan Al-qalid Bin Abdul Malik, Abu Hanifah selanjutnya menghabiskan masa kecilnya dan tumbuh menjadi dewasa di sana. Sejak masih kanak-kanak, beliau telah mengaji dan menghafal Al-Qur’an. Beliau dengan tekun senantiasa mengulang-ulang bacaannya, sehingga ayat suci tersebut tetap terjaga dengan baik dalam ingatanya, sekaligus menjadikan beliau lebih mendalami makna yang dikandung ayat-ayat tersebut. Dalam hal pemperdalam pengetahuannya tentang Al-qur’an beliau sempat berguru kepada Imam Asin, seorang ulama terkenal pada masa itu.
Selain pemperdalam Al-Qur’an, beliau juga aktif mempelajari Ilmu Fiqih. Dalam hal ini kalangan sahabat Rasul, diantaranya kepada Anas Bin Malik, Abdulah Bin Aufan, dan Abu Tufail Amir, dan sebagainya. Dari mereka, beliau juga mendalami Ilmu Hadits.
Keluarga Abu Hanifah sebenarnya adalah keluarga pedagang. Beliau sendiri sempat terlibat dalam usaha perdagangan, namun hanya sebentar sebelum memusatkan perhatian kepada soal-soal keilmuan.
Beliau juga dikenal sebagai orang yang sangat tekun dalam pempelajari ilmu. Sebagai gambaran, beliau pernah belajar fiqih kepada ulama yang paling terpandang pada masa itu, yakni Humad Bin Abu Sulaiman, tidak kurang dari 18 tahun lamanya. Setelah wafat gurunya, Imam Abu Hanifah kemudian mulai mengajar di banyak majlis ilmu di Kufah.
Sepuluh tahun sepeninggal gurunya, yakni pada tahun 130 H. Imam Abu Hanifah pergi meninggalkan Kufah menuju Makkah. Beliau tinggal beberapa tahun lamanya disana, dan ditempat itu pula beliau bertemu dengan salah seorang murid Abdullah bin Abbas ra.
Semasa hidupnya, Imam Abu Hanifah dikenal sebagai seorang yang sangat dalam ilmunya, ahli zuhud, sangat tawadhu dan sangat teguh memegang ajaran agama. Beliau tidak tertarik pada jabatan-jabatan resmi kenegaraan, sehingga beliau pernah menolak tawaran sebagai hakim (Qadhi) yang ditawarkan oleh Al Mansur. Konon, karena penolakannya itu kemudian beliau dipenjarakan hingga akhir hayatnya.
Imam Abu Hanifah wafat pada tahun 150 H/ 767 M, pada usia 70 tahun. Beliau dimakamkan dipekuburan Khizra. Pada tahun 450 H/ 1066 M, didirikanlah sebuah sekolah yang diberi nama Jami’ Abu Hanifah.
Sepeninggal beliau, ajaran dan ilmunya tetap tersebar melalui murid-muridnya yang cukup banyak. Di antara murid-murid Abu Hanifah yang terkenal adalah Abu Yusuf, Abdullah bin Mubarak, Waki bin Jarah Ibn Hasan al Syaibani dan lain-lain. Sedang diantara kitab-kitab Imam Abu Hanifah adalah : Al Musuan (Kitab Hadis, dikumpulkan oleh muridnya), al Makharij (buku ini dinisbatkan kepada Imam Abu Hanifah, diriwayatkan oleh Abu Yusuf) dan Fiqih Akbar (kitab fiqh yang lengkap).






IMAM MALIK BIN ANAS
(93 – 179 H/ 712 – 795 M)

Imam Malik bin Anas, pendiri madzhab Maliki, dilahirkan di Madinah pada tahun 93 H. beliau berasal dari Kabilah Yamniah. Sejak kecil beliau telah rajin menghadiri majlis-majlis ilmu pengetahuan, sehingga sejak kecil itu pula beliau telah hafal al qur’an. Tak kurang dari itu, ibundanya sendiri yang mendorong Imam Malik untuk senantiasa giat menuntut ilmu.
Pada mulanya beliau belajar dari Ribiah, seorang Ulama yang sangat terkenal pada waktu itu, beliau juga memperdalam Hadits kepada Ibnu Syihab, disamping juga mempelajari ilmu fiqih dari para sahabat.
Karena ketekunan dan kecerdasannya, Imam Malik tumbuh sebagai seorang ulama yang terkemuka, terutama dalam bidang ilmu hadits dan fiqh. Bukti atas hal itu, adalah ucapan Al-Dahlami ketika dia berkata : “Malik adalah orang yang paling ahli dalam bidang hadits di Madinah, yang paling mengetahui tentang keputusan-keputusan Umar, yang paling mengerti tentang pendapat-pendapat Abdullah bin Umar, Aisyah ra, dan sahabat-sahabat mereka, atas dasar itulah dia memberi fatwa. Apabila diajukan kepada suatu masalah, dia menjelaskan dan memberi fatwa.
Setelah mencapai tingkat yang tinggi dalam bidang ilmu itulah, Imam Malik mulai mengajar, karena beliau merasa memiliki kewajiban untuk membagi pengetahuannya kepada orang lain yang membutuhkan.
Meski begitu, beliau dikenal sangat hati-hati dalam memberi fatwa. Beliau tak lupa untuk terlebih dahulu meneliti hadis-hadis Rasulullah saw, dan bermusyawarah dengan Ulama lain, sebelum kemudian memberikan fatwa atas suatu masalah. Diriwayatkan, bahwa beliau mempunyai tujuh puluh orang yang bisa diajak bermusyawarah untuk mengeluarkan suatu fatwa.
Imam Malik dikenal mempunyai daya ingat yang sangat kuat. Pernah, beliau mendengar tiga puluh satu hadis dari Ibn Syaihab tanpa menulisnya. Dan ketika kepadanya meminta mengulanginya seluruh hadis tersebut, tak satupun dilupakannya. Imam Malik benar-benar mengasah ketajaman daya ingatnya, terlebih lagi karena pada masa itu masih belum terdapat suatu kumpulan hadis secara tertulis. Karenanya karunia tersebut sangat menunjang beliau dalam menuntut ilmu.
Selain itu, beliau dikenal sangat ikhlas di dalam melaksanakan sesuatu, sifat inilah kiranya memberikan kemudahan kepada beliau di dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Beliau sendiri pernah berkata “Ilmu itu adalah cahaya ; ia akan mudah dicapai dengan hati yang takwa dan khusyu”. Beliau juga menasehatkan untuk menghindari keraguan, ketika beliau berkata : “Sebaik-baik pekerjaan adalah yang jelas. Jika engkau menghadapi dua hal, dan salah satunya meragukan, maka kerjakan yang lebih meyakinkan menurutmu”.
Karen sifat ikhlasnya yang besar itulah Imam Malik tampak enggan memberi fatwa yang berhubungan dengan soal hukuman. Seorang muridnya, Ibnu Wahab, berkata : ”Saya mendengar Imam Malik (jika ditanya mengenai hukuman), beliau berkata: ini adalah urusan pemerintahan.” Imam Syafi’i sendiri pernah berkata: “Ketika aku tiba di Madinah, aku bertemu dengan Imam Malik. Ketika mendengar suaraku, beliau memandang diriku beberapa saat, kemudian bertanya: Siapa namamu? Akupun menjawab: Muhammad! Dia berkata lagi: wahai Muhammad, bertakwalah kepada Allah, jauhilah maksiat karena ia akan membebanimu terus, hari demi hari”.
Tak pelak, Imam Malik adalah seorang ulama yang sangat terkemuka, terutama dalam ilmu hadits dan fiqih. Beliau mencapai tingkat yang sangat tinggi dalam kedua cabang ilmu tersebut. Imam Malik bahkan telah menulis kitab Al-Muwaththa, yang merupakan kitab hadis dan fiqh.
Imam Malik meninggal dunia pada usia 86 tahun. Namun demikian, Mazhab Maliki tersebar luas dan dianut dibanyak bagian di seluruh penjuru dunia.
















IMAM SYAFI’I
(150-204 H/69-820 M)

Imam Syafi’i, yang dikenal sebagai pendiri Mazhab Syafi’i adalah Muammad bin Idris Asy-Syafi’i Al-Quraisyi. Beliau dilahirkan di Ghazzah, pada tahun 150 H, bertepatan dengan wafatnya Imam Abu Hanifah.
Meski di besarkan dalam keadaan yatim dan dalam satu keluarga yang miskin, tidak menjadikan beliau merasa rendah diri, apalagi malas. Sebaliknya beliau bahkan giat mempelajari hadits dari ulama-ulama hadits yang benyak terdapat di Mekkah. Pada usia yang masih kecil, beliau telah hafal Al-Qur’an.
Pada usia yang ke-20, beliau meninggalkan Mekkah mempelajari ilmu fiqh dari Imam Malik. Merasa masih harus memperdalam pengetahuannya, beliau kemudian pergi ke Iraq, sekali lagi pempelajari fiqh, dari murid Imam Abu Hanifah yang masih ada. Dalam pengetahuannya tersebut, beliau juga semangat mengunjungi Persia, dan beberapa tempat lan.
Setelah wafat Imam Malik (179 H), beliau kemudian pergi ke Yaman, menetap dan mengajarkan ilmu di sana, bersama Harun Al-Rasyid, yang telah mendengar tentang kehebatan beliau, kemudian meminta beliau untuk datang ke Baghdad. Imam Syafi’i memenuhi undangannya tersebut. Sejak saat itu beliau dikenal secara luas, dan banyak orang belajar kepadanya. Pada waktu itulah mazhab beliau mulai dikenal.
Tak lama setelah itu, Imam Syafi’i kembali ke Mekkah dan mengajar rombongan jamaah haji yang datang dari berbagai penjuru. Melalui mereka inilah, Mazhab Syafi’i menjadi tersebar luas ke penjuru dunia.
Pada tahun 198 H, beliau pergi ke negri Mesir. Beliau mengajar di masjid Amur bin As. Beliau juga menukis kitab Al-Um, Amali Qubra, kitab risalah, ushul al-fiqh, dan memperkenalkan qaul jadid sebagai mazhab baru. Adapun dalam hal menyusun kitab ushul fiqh, Imam Syafi’i dikenal sebagai orang pertama yang mempelopori penulisan dalam bidang tersebut.
Di mesir inilah akhirnya Imam Syafi’i, telah menyebarkan ilmu dan manfaat kepada banyak orang. Kitab-kitab beliau hingga kini masih dibaca orang, dan makam beliau di mesir sampai detik ini masih ramai di ziarah orang. Sedang murid-murid beliau yang terkenal, diantaranya adalah: Muhammad Bin Abdullah Bin Al-Hakam, Abu Ibrahim Bin Ismail Bin Yahya Al-Muzani, Abu Ya’qub Yusuf Bin Yahya Al-Buwaiti dan sebagainya.


IMAM AHMAD HAMBALI
(164-241 H /780-855 M)

Imam Ahmad Hambali adalah Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hambali bin Hilal Al-Syaibani. Beliau dilahirkan di Baghdad pada Bulan Rabiul Awal tahun 164 H (780 M).
Ahmad bin Hambal dibesarkan dalam keadaan yatim oleh ibunya, karena ayahnya meninggal ketika masih bayi. Sejak kecil beliau telah menunjukan sifat dan pribadi yang mulia, sehingga menarik simpati banyak orang. Dan sejak kecil itu pula beliau telah menunjukan minat yang besar kepada ilmu pengetahuan, kebetualan pada saat itu baghdad merupakan kota pusat ilmu pengetahuan. Beliau memulai belajar menghafal al-qur’an, kemudian belajar bahasa arab, hadits, sejarah nabi dan sejarah sahabat serta para tabi’in.
Untuk memperdalam ilmu, beliau pergi ke Basrah untuk beberapa kali, di sanalah beliau bertemu dengan Imam Syafi’i. beliau juga pergi menuntut ilmu ke Yaman dan Mesir. Di antaranya guru beliau yang lain adalah Yusuf al-Hasan bin Zaid, Husyaim, Umair ibn Humam dan Ibn Abbbas. Imam Ahmad bin Hambal banyak mempelajari dan meriwayatkan hadits, dan beliau tidak mengambil hadits, kecuali hadits- hadits yang sudah sahihnya. Oleh kerena itu, akhirnya beliau berhasil mengarang kitab hadits, yang terkenal dengan nama Musnad Ahmad Hambali. Beliau mulai mengajar ketika usia empat puluh tahun.
Pada masa pemerintahan al Muktasim-Khalifah Abbasiyah beliau sempat dipenjara karena sependapat dengan opini yang mengatakan bahwa al-qur’an adalah makhluk. Beliau dibebaskan pada masa Khalifah al-Mustawakkil.
Imam Ahmad Hambali wafat di baghdad pada usia 77 tahun atau tepatnya pada tahun 241 H (855 M) pada masa pemerintahan khalifah al-Wathiq. Sepeninggalan beliau, Mazhab Hambali berkembang luas dan menjadi salah satu mazhab memiliki banyak penganut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar